Langsung ke konten utama

Material dan Textures di Blender



Berikut ini saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana tentang dasar Material dan texture di blender. Objek yang saya gunakan adalah meja dari tutorial dari blog tetangga yaitu sebuah meja. Tutorial membuat meja dapat dilihat di sini. Sebelum mencoba tutorial ini setidaknya sudah tahu dasar-dasar dalam blender.

1. Buka Blender dan pastikan bukan blender untuk membuat jus buah

2. Load file atau buat objek yang diinginkan untuk diberi material. Screenshot di bawah bisa diklik, dan saya beri sedikit tambahan berupa tembok lantai dan langit-langit.
3.Pertama, pemberian material. Saya ingin memberi warna coklat pada meja. Caranya adalah dengan mengeklik Meja di 3D view maupun outliner. Setelah itu buka tab material di properties editor di sisi kanan layar kerja.
Karena objek sudah memiliki material, kita hanya perlu mengeditnya saja. Perlu diketahui objek ini berasal dari objek kubus yang merupakan objek bawaan, material dan textures-nya sudah di set. Kembali ke topik utama, untuk merubah warnanya menjadi coklat yang perlu kita ubah adalah warna pada bagian Diffuse. Klik kotak warna putih pucat dibawah tulisan diffuse, dan piringan warna akan muncul, dari sini kita bisa menentukan warna material yang kita inginkan.
4. Tambahan singkat tentang specular, transparency, dan mirror.
-Specular adalah efek kilauan pada benda. Efek ini akan tampak jelas pada objek yang memiliki banyak face dengan berbagai sudut. Intensity dibawah kotak warna putihnya Specular mengatur banyaknya cahaya yang dapat dipantulkan, makin mendekati 1 makin berkilau.
-Transparency adalah efek tembus pandang sehingga cahaya dapat tembus melalui objek tersebut. Transparency harus diaktifkan terlebih dahulu. Lalu di atur alphanya(dalam contoh berikut yang nialinya 0.667), yaitu kepadatan suatu objek. Mendekati nilai 1 membuatnya semakin tidak transparan.
 -Mirror adalah efek cermin yang diaplikasikan pada face suatu objek. Pengaktifannya sama seperti Transparency. Agar efek cermin tampak, nilai Reflection harus di atur. Reflection terdapat di bawah title Mirror. Makin mendekati nilai 1, pemantulan cahayanya semakin sempurna.
5. Dari penjelasan tentang mirror di langkah sebelumnya, saya ingin membuat lantainya menjadi lantai keramik. Pertama, buat materialnya dengan mengeklik New karena belum ada material yang diberikan ke lantai. Kemudian, buat lantai tersebut memiliki efek mirror, dengan mengeklik centang pada mirror dan atur reflectionnya dengan nilai yang tidak besar karena lantai bukanlah cermin.


6. Kita masuk ke textures, karena saya ingin membuat mejanya terbuat dari kayu. Dalam keadaan meja ter-select, pindah posisi tab dari tam material ke tab textures yang berada disebelahnya.
Texture pada screenshot di atas, sudah tersedia. Jika belum maka klik New dan terxture baru akan dibuat. Kembali ke topik utama, pada dropdown type pilih Image or Movie sehingga tampilannya menjadi seperti berikut ini.
Kemudian, klik Open untuk membuka gambar, dan pilih gambar texture kayu yang sesuai. Texture kayu dapat mudah dicari, di internet dengan keyword utama "3d texture". Lalu berikut ini hasil dari texturingnya.


Sekian, penjelasan material dan texturing dasar dari saya. Mohon maaf jika banyak kekurangan (banyak banget pokoknya) Jika ada perntanyaan bisa langsung komen :D

Btw Thanks buat mas Prima sebagai inspirator :p

Komentar

  1. wah pas banget ini artikel ngomongin tentang texture, saya mau tanya dong kang, cara membuat texture bola basket, lantai dan tembok agar terlihat seperti aslinya bagaimana ya ? apa mesti cari digoogle juga ? mohon pencerahannya.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry lagi balas :D makasih dah komen.
      Untuk texturing bola basket itu biasanya pakek UV Mapping. jadi gambar permukaan bola basket semacam ditempelin ke objeknya.

      Kalau untuk tembok bisa seperti tutorial di atas. Maaf nih saya belum update tutorial lagi soalnya lagi sibuk tugas kuliah. *liburan kesunat T_T

      Hapus
    2. gapapa mba dimaafkan ko.. hihihi.. :D maklum sama sama kuliah.. ^^

      uppsss maaf, ternyata adminnya cewe ya ? hehehee..
      langkah-langkahnya layarnya di jadiin 2 bagian dulu - trus pilih UV/image editor - lalu di unwrap, bener ga mba ? tapi saya masih bngung caranya.. :D ditungu deh postingan selanjutnya mba.. ^^

      Hapus
    3. udah betul cowok >.< duh...

      iya caranya gitu kurang lebih... jujur saja saya sendiri juga belum pernah bisa unwrap secara rapi. ya nanti kalau sempet tak apdet in...

      Hapus
    4. oke deh mas terima kasih atas jawabannya, sorry nih.. hahaha.. :D
      sukses slalu deh .

      Hapus
  2. Kalo suatu objek itu tidak dapat di beri texture masalahnya apa ya mas. Contoh nya ini saya lagi buat rumah. Udah jadi rumahnya saya masukin texture gak mau berubah dia mas . Padahal saya udah ngikuti semua langkah langkah nya..

    BalasHapus
  3. nah ini yang gw cari", thanks lah gan

    BalasHapus
  4. mas, gimana caranya mereset bagian compositing display supaya tampilan default lagi. punya saya sudah error mas ga bisa untuk memberi texture lagi.

    BalasHapus
  5. Salam ..... Harap Anda semua harus membaca apa yang saya katakan ....
    Biarkan saya perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota Bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Yogyakarta.

    Keinginan saya dan impian tertinggi saya adalah ingin memiliki bisnis atau toko sendiri, tetapi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda, mungkin butuh waktu yang sangat lama di mana biaya sewa dan anak-anak yang telah terakumulasi hanya akan lebih sulit dan jeritan panjang tidak akan terwujud
    Saya mencoba "membuka internet dan saya melihat tulisan orang-orang sukses yang dibantu oleh seorang ulama dari sana saya mencoba untuk menghubunginya, pada awalnya saya terus mengirim sms sampai saya mendapat balasan dari perusahaan yang merupakan awal kesuksesan saya. Jika Anda ingintoget cara mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT DLL. melalui bantuan dalam menarik lebih banyak dana oleh ulama di kepala sekolah asrama shohibul Qur'an, dan akhirnya saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar utang, terima kasih Tuhan kepada Tuhan yang maha kuasa melalui bantuannya. Sekarang saya membuka usaha distribusi di Bandung.
    Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Irlina Tuty Sartika untuk merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.
    Hubungi ibu yang baik REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Silakan untuk penjelasan lebih rinci. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662
    Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com.

    Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan pinjaman yang sah ini Mrs. irlinatutysartika15@gmail.com
    Anda tidak perlu ragu atau tertipu dan dikejar-kejar oleh hutang lagi, sekarang saya membagikan pengalaman yang saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  6. Are you in a financial crisis, looking for money to start your own business or to pay your bills?
    GET YOUR BLANK ATM CREDIT CARD AT AFFORDABLE PRICE*
    We sell this cards to all our customers and interested buyers
    worldwide,Tho card has a daily withdrawal limit of $5000 and up to $50,000
    spending limit in stores and unlimited on POS.

    YOU CAN ALSO MAKE BINARY INVESTMENTS WITH LITTLE AS $500 AND GET $10,000 JUST IN SEVEN DAYS

    **WHAT WE OFFER** 

    *1)WESTERN UNION TRANSFERS/MONEY GRAM TRANSFER*
    *2)BANKS LOGINS*
    *3)BANKS TRANSFERS*
    *4)CRYPTO CURRENCY MINNING*
    *5)BUYING OF GIFT CARDS*
    *6)LOADING OF ACCOUNTS*
    *7)WALMART TRANSFERS*
    *8)BITCOIN INVESTMENTS*
    *9)REMOVING OF NAME FROM DEBIT RECORD AND CRIMINAL RECORD*
    *10)BANK HACKING*
    **email blankatmmasterusa@gmail.com *
    **you can also call or whatsapp us Contact us today for more enlightenment *
    *+1(539) 888-2243*
    **BEWARE OF SCAMMERS AND FAKE HACKERS IMPERSONATING US BUT THEY ARE NOT
    FROM *
    *US CONTACT US ONLY VIA THIS CONTACT **
    *WE ARE REAL AND LEGIT...........2019 FUNDS/FORGET ABOUT GETTING A LOAN..*

    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuka blog

Hohuhahelulalueohuhuhihihamananarasaya! Ehm... maaf pembukaannya jelek, saya perbaiki ya. Assalamua'alaikum warahmatullahi wabaraktuh! Ienak-ienak, besok pagi kita kedatangan murid baru! Jadi...  maaf Intermezzo gak penting. Langsung ke inti permasalahan dunia maya yang sang bang mang. Artikel ini akan membahas cara membuka blog. Pentingkah? Penting jika dirasa penting, dan saya juga mempertimbangkan hal yang tak terduga yang saya temukan tentang blog saya. Hal ini disebabkan nama blog saya. di-buka.blogspot.com , blog aneh ini sudah ada sejak tahun 2008, jika dihitung dari post pertamanya. Namun sesungguhnya blog ini sudah ada satu tahun lebih awal, sekitar akhir tahun 2007. Karena kontennya cuma kopas dan digunakan untuk tugas sekolah, post blog tahun 2007 tersebut saya musnahkan! subdomain blog ini pun dulunya bukan di-buka. Saya sendiri juga sudah lupa apa namanya. :p. Sepertinya isi post ini belum membahas sesuai judulnya ya? Geho! Dengarkan dulu k

Bergerak Mengikuti Arah Angin

Yoha! Wilkommen: Pada akhirnya saya harus update blog ini juga. Setelah lama hiatus gak jelas blog ini perlu konten baru. Ah tapi harus diisi apa? hm... sulit juga. Saya pun memutuskan untuk membuat blog baru *lho. yha. Agak disayangkan memang, sudah bagus-bagus punya blog dengant traffic yang lumayan gini malah bikin baru. Isinya kayaknya bakal sama-sama random lagi. Ah tapi ya sudahlah. Saya bertujuan membuka lembaran baru. Kisah baru di sana. Kalau khalayak sekalian menyadari, ada link baru di pages saya. Nah itu blog baru saya. di klik ya nggak gigit kok ;) Terus mau diapakan blog ini? Tenang saja blog ini masih saya update kok. Ya update jarang-jarang seperti biasanya. Walaupun sesama random blog saya ini dengan yang satunya saya usahakan beda. Buat apa kalau isinya sama pakai bikin dua blog segala? Eh tapi buat apa juga ya kalau isinya sama-sama random. Whatever. Mungkin, mungkin ini sih. Blog ini bakal lebih ke masalah yang tidak berhubungan dengan project yang saya biki