Langsung ke konten utama

Bascovith life notes : 3D from 2D


Hai bertemu dengan saya lagi (siapa ya?) Bascovith, Bon Noyaux, Dialytica, Khyr Alnw, dsb... hahaha..... yah nama aneh temuan saya yang lain. tapi saya tidak akan membahas nama aneh saya. yang akan saya bicarakan yaitu soal Stereogram.

Apa itu stereogram? mungkin sudah banyak yang tahu tentang stereogram atau magic eye. Stereogram adalah gambar dua dimensi, jika dilihat dengan cara yang tepat, maka akan terasa efek 3D. Jadi terlihat gambar yang timbul didepan mata kita. Stereogram banyak macamnya, dan saya tidak bisa menyebutkannya karena saya bukan ahlinya :p. Mungkin saya beri saja salah satu contohnya saja. Misalnya film 3D, game 3D, autosterogram, dan lain-lain.
Saya ceritakan dulu ya pengalaman saya haha(nggak usah protes, pokoknya baca terus)
Awal mula tahu gambar seperti ini dari quiz di f*ce*bo*k. Ketika pertama kali melihatnya, saya benar-benar tidak "mudheng" dan tahukah hasil di quiz itu? Quiz itu mengatakan saya harus cek mata saya! sepertinya ada masalah. Yah karena quiz-nya tidak memberikan penjelasan secara rinci jadi, saya abaikan. Lalu setahun kemudian(beneran nih sekitar setahun-an), Saya menemukan trit di kikil yang memberikan saya ilmu dan memberi perubahan besar!(lebay). Lalu saya memcoba melihat-melihat contoh sterogram di google. Oh betapa indahnya hidup ini \(*.*)/~~~.

Saya akan berikan contoh dan coba tebak gambar apa ini... :p(catatan: stereogram juga ada yang tersembunyi dalam gambar acak)
click ya dibesarin biar keliatan
Klik ajah hehe


sebagian dari kalian yang membaca mungkin sudah ada yang bisa melihatnya. Bagaimana cara melihatnya? Caranya gampang kok lihat gambar no. 1 di atasnya kan ada dua bulatan. nah julingkan, atau jangan fokuskan mata anda sehingga bulatan itu mengganda dan total semuanya menjadi terlihat ada tiga. O ya saya sarankan gambarnya di-zoom. Lebih mudah soalnya kalau gambarnya besar. Cara yang sering saya gunakan ya tidak memfokuskan pandangan. Cara ini lebih aman soalnya tidak membuat mata jadi juling dan cepat lelah. Gampangnya sih cuma lihat saja tembok atau benda apa lah yang ada dibelakang montior, karena gambar 3D tersebut tersembunyi di belakang gambar 2D. Nah saya akan memberikan contoh lain yang hanya memberi efek 3D dalam gambar(bukan gambar tersembunyi seperti di atas). Jangan lupa di zoom!

oya sekalian cari perbedaan gambar, saya langsung menemukan 3 
putiknya tampak menonjol
reliefnya jadi timbul
yummy!

Stereogram pun dapat digunakan untuk membedakan gambar kan? jadi jika ingin cepat2 mencari perbedaan gunakan cara stereogram, niscaya jawaban langsung ketemu. Perbedaan dapat kita perhatikan pada gambar yang terlihat melayang dari hasil penglihatan stereogram!

Dari berbagai sumber.
(maaf ya kalau misalnya saya ambil tanpa izin... tidak ada unsur duitnya kok jadi bukan masalah yang besar kan? :))

N.B. jangan gunakan istilah aneh saya sembarang! karena saya bukan ahlinya! ingat itu!

Komentar

  1. keren tuh gambar pertamanya, itu wayang kann??
    share yang lain naw, aku selalu menunggu... :)
    sukses selalu....

    BalasHapus
  2. wkwkwk dah bisa liat kang? ngomong-ngomong bukan wayang tuh... perhatiin lagi. di zoom gambarnya biar keliatan. yg bawahnya juga nho... ok nanti tak aplod gambar2 buatanku jga... thx dah mampir

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Material dan Textures di Blender

Berikut ini saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana tentang dasar Material dan texture di blender. Objek yang saya gunakan adalah meja dari tutorial dari blog tetangga yaitu sebuah meja. Tutorial membuat meja dapat dilihat di sini . Sebelum mencoba tutorial ini setidaknya sudah tahu dasar-dasar dalam blender . 1. Buka Blender dan pastikan bukan blender untuk membuat jus buah 2. Load file atau buat objek yang diinginkan untuk diberi material. Screenshot di bawah bisa diklik, dan saya beri sedikit tambahan berupa tembok lantai dan langit-langit. 3.Pertama, pemberian material. Saya ingin memberi warna coklat pada meja. Caranya adalah dengan mengeklik Meja di 3D view maupun outliner. Setelah itu buka tab material di properties editor di sisi kanan layar kerja. Karena objek sudah memiliki material, kita hanya perlu mengeditnya saja. Perlu diketahui objek ini berasal dari objek kubus yang merupakan objek bawaan, material dan textures-nya sudah di set. Kembali ke

Bergerak Mengikuti Arah Angin

Yoha! Wilkommen: Pada akhirnya saya harus update blog ini juga. Setelah lama hiatus gak jelas blog ini perlu konten baru. Ah tapi harus diisi apa? hm... sulit juga. Saya pun memutuskan untuk membuat blog baru *lho. yha. Agak disayangkan memang, sudah bagus-bagus punya blog dengant traffic yang lumayan gini malah bikin baru. Isinya kayaknya bakal sama-sama random lagi. Ah tapi ya sudahlah. Saya bertujuan membuka lembaran baru. Kisah baru di sana. Kalau khalayak sekalian menyadari, ada link baru di pages saya. Nah itu blog baru saya. di klik ya nggak gigit kok ;) Terus mau diapakan blog ini? Tenang saja blog ini masih saya update kok. Ya update jarang-jarang seperti biasanya. Walaupun sesama random blog saya ini dengan yang satunya saya usahakan beda. Buat apa kalau isinya sama pakai bikin dua blog segala? Eh tapi buat apa juga ya kalau isinya sama-sama random. Whatever. Mungkin, mungkin ini sih. Blog ini bakal lebih ke masalah yang tidak berhubungan dengan project yang saya biki

Cara membuka blog

Hohuhahelulalueohuhuhihihamananarasaya! Ehm... maaf pembukaannya jelek, saya perbaiki ya. Assalamua'alaikum warahmatullahi wabaraktuh! Ienak-ienak, besok pagi kita kedatangan murid baru! Jadi...  maaf Intermezzo gak penting. Langsung ke inti permasalahan dunia maya yang sang bang mang. Artikel ini akan membahas cara membuka blog. Pentingkah? Penting jika dirasa penting, dan saya juga mempertimbangkan hal yang tak terduga yang saya temukan tentang blog saya. Hal ini disebabkan nama blog saya. di-buka.blogspot.com , blog aneh ini sudah ada sejak tahun 2008, jika dihitung dari post pertamanya. Namun sesungguhnya blog ini sudah ada satu tahun lebih awal, sekitar akhir tahun 2007. Karena kontennya cuma kopas dan digunakan untuk tugas sekolah, post blog tahun 2007 tersebut saya musnahkan! subdomain blog ini pun dulunya bukan di-buka. Saya sendiri juga sudah lupa apa namanya. :p. Sepertinya isi post ini belum membahas sesuai judulnya ya? Geho! Dengarkan dulu k