Langsung ke konten utama

Internet Meme, the culutre of Internet

Because I confused how to start this article, so I used this explaining sentences to begin the article.
Sorry bad english.

Hohahehouhe Bahasa Indonesia aja deh, gado-gado++

Akhir-akhir ini mulai memasuki tahun 2012 (padahal sekarang sudah bulan ke-4) di Indonesia sebuah budaya yang cukup terkenal di Internet mulai menyerbu berbagai komunitas di dunia maya(yang ada di Indonesia tentunya). Perlu diketahui bahwa Internet meme ini sudah ada sejak internet pertama kali dibuat, hanya saja istilah ini lebih sering digunakan (dan disalahgunakan*) akhir-akhir ini di berbagai interwebs yang dikunjungi oleh orang-orang Indonesia. 

Jadi Internet meme ini sebenarnya apa sih?
An Internet meme is an idea that is propagated through the World Wide Web. The idea may take the form of a hyperlink, video, picture, website, hashtag, or just a word or phrase, such as intentionally misspelling the word "more" as "moar" or "the" as "teh". The meme may spread from person to person viasocial networksblogs, direct email, news sources, or other web-based services. An Internet meme may stay the same or may evolve over time, by chance or through commentary, imitations, parody, or by incorporating news accounts about itself. cek link berikut untuk tauh lebih lanjut. http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_meme#Description

Intinya, Internet meme adalah ide, gagasan, dan fenomena yang berkembang menjadi sebuah budaya yang berkembang di dunia maya yang muncul secara ngehits. Suatu gagasan ini bisa menjadi meme ketika banyak sekali website yang menggunakan istilah yang digunakan dalam Internet ini. Salah satu contoh meme paling tua adalah Smiley. :-)
Wujud internet meme pun beragam, dari sebuah penulisan, gambar, musik, film, dan berbagai macam hal yang dibagikan melalu internet.

Kembali ke fenomena yang ada saat ini, Internet meme yang paling populer antara lain adalah:
Rage Comics - Yaitu sebuah berbagai seri webkomik yang digambar dengan aplikasi gambar yang sederhana seperti MS Paint. Berbagai macam jenis ekspresi yang digambar dalam komik ini tidak langsung jadi dalam satu waktu (ya iyalah). Perlu diketahui bahwa komik ini pertama kali di buat di sebuah website yang diselimuti kegelapan (serius nih). Yaitu 4chan* (sangat disarankan untuk tidak membukanya ditempat umum, kerja, atau yang ramai. konten NFSW!)[4chan nanti dibahas lagi]
Demotivators/Demotivational Poster - Yaitu sebuah poster yang isinya adalah kebalikan dari memotivasi. Ini berawal dari sebuah style gambar yang diberi caption dibawahnya dan berfungsi untuk memotivasi seseorang. Namun demotivator ini berfungsi sebaliknya, dan yang dilakukan demotivator ini adalah membuat gambar yang dicaption menjadi kurang bermakna karena diekspos sisi negatifnya. Asal mula poster berjenis seperti ini adalah dari Despair Inc.




Dan masih banyak lagi, maaf hanya memberikan 2 contoh capek nyarinya soalnya :q

Internet meme ini menyebar melalui berbagai macam web, penyebaran meme ini ke website-website lain kebanyakan melalui website untuk share internet link, seperti reddit.com. Soal apa itu reddit silakan cek sendiri, karena saya sendiri juga baru akhir-akhir ini sering main ke sana (hati-hati ya, site-nya aman sih, tapi ada subreddit(semacam subforum) yang berbahaya). Dan pabrik berbagai meme pada tahun >2000 adalah 4chan. Jadi apakah 4chan itu? 4chan adalah sebuah website imageboard, dengan penggunanya yang bebas mengupload dan mengkomentari gambar tanpa perlu mendaftar menjadi anggota. Yap TANPA KEANGGOTAAN, dan akhirnya banyak sekali Anonymous (tanpa nama) yang mengisi website tersebut. Walaupun sebenarnya nama bisa dibubuhkan dalam thread dan komentar, tapi yang menggunakannya bagi 4chan hanya moderator, admin, pemula, atau orang yang menyanyi kepopuleran. Sekali lagi, tempat ini cukup berbahaya karena ini bisa diakatan sebagai dasar dari lautan internet yang diselubungi kegelapan.

Anonymous? apakah kelompok hacker yang cukup ternama itu berasal dari 4chan? yap! dan sepertinya saya mulai terperosok dalam dalam parit lautan yang mengerikan tersebut.(saya bukan jadi hacker lho) btw kenapa isinya jadi ngelantur ke sini?

Nah, perlu diketahui bahwa tidak semua meme menyebar melaui website yang telah saya sebutkan di atas. Berbagai meme di-develop di berbagai website. Mungkin orang-orang Indonesia banyak yang mengenal meme dari website 9gag.com, namun saya tidak, karena internet meme saya kenali dari Google+ yang isinya orang-orang kaskus yang rajin posting gambar-gambar aneh. Kebanyakan sumber gambar tersebut dari tumblr, atau website lainnya. Akhirnya saya coba cari-cari berbagai macam blog, lalu akhirnya saya menemukan sebuah website yaitu memecenter.com. Isinya bisa diakatakan mulai masuk ke dunia kegelapan.website ini bisa dikatakan NSFW karena gambar yang NSFW tidak disembunyikan, bahkan sempat diblokir oleh internet provider saya. Akhirnya saya pindah ke memebase.com website ini berisi berbagai meme yang dikategorikan, dan terdaftar dengan agak rapi, namun agak ribet bagi saya karena masalah koneksi internet yang pas-pasan. Website ini ternyata bagian dari cheezburger network dan saya mulai keliling-keliling ke berbagai macam tempat di cheezburger, terutama lolcats.

Untuk sekarang, saya mulai mampir ke reddit.com, dan kadang ke 4chan. Concerning 9gag, maaf no offense nih walapun niatnya agak offense tapi tetap tidak ingin ada keributan. Saya agak amazed ternyata teman-teman saya mulai memposting berbagai hal berbau meme di facebook. Namun, yang membuat saya kurang *ugh *sreg *lgender adalah cara mereka menjelaskan meme yang menunjukkan bahwa itu milik 9gag. Hey di tempat lain masih banyak hal begituan dan lebih enak untuk diakses. Yah, saya mengomentari hal ini memang membuat saya seperti para hipster, karena setelah saya mulai bermain kesana dan kemari setelah mulai tidak menyukai 9gag (at least, I'm showing my hateness) ternyata banyak juga yang tidak menyukainya, terutama para redditor. Soal alasan, coba perhatikan sendiri saja,atau mungkin postingan blog saya selanjutnya jika niat.

Sekian tulisan dari saya tentang internet meme. Terlihat tidak nyambung dan subyektif? mohon maaf karena ini hanya opini saya dan berdasarkan pengalaman serta observasi. Sekali lagi mohon maaf jika pada akhirnya tulisan ini hanya menjadi coretan seorang hater.

Referensi: link-link diatas sudah bisa menjadi referensi +an knowyourmeme.com

Recite de: Bon Trognon

Komentar

  1. HAHAHA gw setuju banget sama tulisan lo :))Gw juga lebih suka ngeforum di 4chan, 4chan itu simple but awesome! gw banyak tau hal baru dan keren dari 4chan(musik, anime, movie), cuman kalo buat newbie buka 4chan rata-rata suka pada bingung :))

    BalasHapus
  2. Ya tapi di 4chan perlu hati-hati sih, banyak NSFW-nya. trus kebanyakan orang-orangnya sosiopath (._.) akibat gak perlu pake keanggotaan jadi banyak yang seenaknya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Material dan Textures di Blender

Berikut ini saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana tentang dasar Material dan texture di blender. Objek yang saya gunakan adalah meja dari tutorial dari blog tetangga yaitu sebuah meja. Tutorial membuat meja dapat dilihat di sini . Sebelum mencoba tutorial ini setidaknya sudah tahu dasar-dasar dalam blender . 1. Buka Blender dan pastikan bukan blender untuk membuat jus buah 2. Load file atau buat objek yang diinginkan untuk diberi material. Screenshot di bawah bisa diklik, dan saya beri sedikit tambahan berupa tembok lantai dan langit-langit. 3.Pertama, pemberian material. Saya ingin memberi warna coklat pada meja. Caranya adalah dengan mengeklik Meja di 3D view maupun outliner. Setelah itu buka tab material di properties editor di sisi kanan layar kerja. Karena objek sudah memiliki material, kita hanya perlu mengeditnya saja. Perlu diketahui objek ini berasal dari objek kubus yang merupakan objek bawaan, material dan textures-nya sudah di set. Kembali ke

Bergerak Mengikuti Arah Angin

Yoha! Wilkommen: Pada akhirnya saya harus update blog ini juga. Setelah lama hiatus gak jelas blog ini perlu konten baru. Ah tapi harus diisi apa? hm... sulit juga. Saya pun memutuskan untuk membuat blog baru *lho. yha. Agak disayangkan memang, sudah bagus-bagus punya blog dengant traffic yang lumayan gini malah bikin baru. Isinya kayaknya bakal sama-sama random lagi. Ah tapi ya sudahlah. Saya bertujuan membuka lembaran baru. Kisah baru di sana. Kalau khalayak sekalian menyadari, ada link baru di pages saya. Nah itu blog baru saya. di klik ya nggak gigit kok ;) Terus mau diapakan blog ini? Tenang saja blog ini masih saya update kok. Ya update jarang-jarang seperti biasanya. Walaupun sesama random blog saya ini dengan yang satunya saya usahakan beda. Buat apa kalau isinya sama pakai bikin dua blog segala? Eh tapi buat apa juga ya kalau isinya sama-sama random. Whatever. Mungkin, mungkin ini sih. Blog ini bakal lebih ke masalah yang tidak berhubungan dengan project yang saya biki

Cara membuka blog

Hohuhahelulalueohuhuhihihamananarasaya! Ehm... maaf pembukaannya jelek, saya perbaiki ya. Assalamua'alaikum warahmatullahi wabaraktuh! Ienak-ienak, besok pagi kita kedatangan murid baru! Jadi...  maaf Intermezzo gak penting. Langsung ke inti permasalahan dunia maya yang sang bang mang. Artikel ini akan membahas cara membuka blog. Pentingkah? Penting jika dirasa penting, dan saya juga mempertimbangkan hal yang tak terduga yang saya temukan tentang blog saya. Hal ini disebabkan nama blog saya. di-buka.blogspot.com , blog aneh ini sudah ada sejak tahun 2008, jika dihitung dari post pertamanya. Namun sesungguhnya blog ini sudah ada satu tahun lebih awal, sekitar akhir tahun 2007. Karena kontennya cuma kopas dan digunakan untuk tugas sekolah, post blog tahun 2007 tersebut saya musnahkan! subdomain blog ini pun dulunya bukan di-buka. Saya sendiri juga sudah lupa apa namanya. :p. Sepertinya isi post ini belum membahas sesuai judulnya ya? Geho! Dengarkan dulu k