Langsung ke konten utama

Adventures with Lucid Dream

Adventures with Lucid Dream. Saya akan share sedikit tentang apa dan bagaimana lucid dream itu. Sebuah pengalaman yang menarik dan menyenangkan di kala tidur menyelimuti. 
Lucid Dream adalah kondisi tidur seseorang dalam keadaan tidur REM (terjadi mimpi) dan orang tersebut sadar bahwa dirinya sedang bermimpi, dan tetap bermimpi (tidak bangun dari tidur). Ketika kita dalam keadaan lucid di saat sedang bermimpi dalam tidur, segala sesuatu dapat kita lakukan di dalam mimpi tersebut. Karena sifatnya mimpi yang ada di dalam pikiran manusia, dengan imajinasi mimpi di saat tidur bisa dimanipulasi dari hal yang sederhana hingga hal yang mustahil di dunia nyata. Walaupun berbagai hal bisa dilakukan saat lucid dream, pelaku lucid dream bukanlah "Tuhan" di dalam mimpi. Tidak semua hal harus di atur oleh pelaku lucid dream, karena terlalu memaksakan skenario dalam mimpi justru memberi beban pada pikiran dan membuat pelaku lucid dream terbangun. Banyak hal yang terjadi di lucid dream hanya dibiarkan berjalan begitu saja.
Perlu diketahui bahwa lucid dream berbeda dengan astral projection, atau hal-hal semacamnya. Lucid dream bukanlah hal mistsis, dan bisa dijelaskan secara ilmiah. Jangan takut ketika akan melakukannya karena lucid dream yang didasari rasa takut malah bisa mengerikan. Kumpulkan keberanian, dan cari info terpercaya lebih banyak agar anda tidak ragu. Sebenarnya tidak ada resiko mental maupun fisik di lucid dream, ini hanya saja anda memang berhak skeptis, tapi yakinlah lucid dream ini aman dan menyenangkan :p
Sekarang lanjut tentang bagaimana caranya mengalami lucid dream. Banyak sekali cara yang digunakan untuk masuk ke fase lucid. Saya tidak akan menjelaskan semuanya secara rinci, tapi saya akan memberikan hal-hal penting yang harus dipersiapkan untuk bisa berpetualang dengan lucid dream. Berikut ini adalah hal yang harus dipersiapkan:
  • Niat, segala sesuatu harus diawali niat bukan? Sehingga hal tersebut dapat berjalan lancar.
  • Rajin reality check.
  • Rajin menulis dream log / dream note.
  • Bebas dari masalah tidur.
Niat itu sangat penting karena saya sendiri sering kurang niat dalam melakukan hal ini sehingga saya lumayan jarang bisa mengendalikan mimpi dengan lucid dream. 
Reality check adalah mengecek apakah kita sedang bermimpi atau masih bangun di dunia nyata? Reality check harus sering kita lakukan misal setiap satu jam sekali. Hal yang bisa dilakukan untuk reality check adalah sebagai berikut:
  • menghitung jumlah jari tangan kita(jika lebih atau kurang pasti mimpi)
  • memencet hidung hingga tidak bisa bernafas(jika bisa benafas pasti mimpi)
  • menutup mata kanan dan mata kiri melirik ke kanan lalu pastikan hidung anda masih ada jika hilang anda sedang bermimpi (berlaku juga sebaliknya)
  • melompat dan pastikan anda tidak melayang(jika melayang pasti bermimpi)
  • lakukan gerakan jari telunjuk menusuk telapak tangan(jika tembus pasti mimpi)
  • dan masih banyak lagi.
Reality check yang dilakukan tidak hanya salah satu saja, kalau bisa sebanyak-banyaknya. Berdasarkan pengalaman saya, mencubit bukanlah reality check dan ini hanya guyonan lama dan garing sehingga tidak benar-benar bekerja. Reality check yang dilakukan secara rutin di dunia nyata ini dengan terbiasa rutinitas ringan ini bisa terbawa ke mimpi dan bisa menjadi acuan untuk mengecek mimpi.
Setelah reality check di mimpi berhasil membuat kita sadar, di saat inilah keadaan kritis terjadi. Pastikan pikiran tenang dan jangan ada over excitement, rasa girang berlebihan karena berhasil bisa menggagalkan mimpi. Andaikan mulai terbangun dari mimpi, jangan paksakan diri untuk bangun dari tidur atau masuk ke dunia mimpi. Biarkan saja mengalir sebentar hingga tenang, karena jika dipakasakan bisa terjadi sleeping paralysis. Banyak yang takut dengan sleeping paralysis(tindihan) karena sensasi lumpuhnya. Jika panik di saat tindihan ini halusinasi menakutkan, sesak nafas, bisa terjadi dan hal yang terasa buruk ini bisa bikin orang kapok untuk mencoba lucid dream.
Sedikit bahasan tentang tindihan atau sleeping paralysis ini. Banyak mitos mistis tentang masalah ini. Banyak yang beranggapan bahwa tubuh ini sedang diduduki (ditindihi) jin sehingga tidak bisa bergerak dan sesak jika anda mulai panik. Sebenarnya sleeping paralysis ini bukanlah masalah yang besar dan wajar terjadi minimal sekali seumur hidup. Sleeping paralysis ini sebenarnya adalah keadaan di saat pikiran kita sudah sadar, tapi tubuh kita masih tertidur. Perlu diketahui ketika kita tidur, hampir seluruh otot yang dapat dikendalikan secara sadar ditubuh ini diistirahatkan. Bisa digambarkan otak ini punya tombol off untuk seluruh otot gerak di lengan dan tungkai, dan tombol off ini pasti ditekan ketika kita sudah tidur. Karena lucid dream membuat pikiran sadar saat tidur, jika gagal bermimpi maka akan terbangun padahal tubuh masih off, dan terjadilah sleeping paralysis. Jika sleeping paralysis ini terjadi, hal yang harus dilakukan adalah tetap tenang, jangan panik, atur pernapasan, kalau bisa berdzikir. Setelah itu bisa dipilih, berusaha gerakan tubuh agar bangun, atau kembali memejamkan mata dan mencoba untuk masuk ke mimpi lagi. Jika ingin mencoba lucid dream, lebih baik berusaha tidur lagi dan memejamkan mata, jangan takut. Ingat kembali seperti apa mimpi barusan (dream recall), sehingga kita bisa masuk ke dalam mimpi lagi.
Rajin menulis dream log / note membantu memberikan kita referensi mimpi yang akan kita buat lucid. Mimpi yang pernah dialami bisa digunakan sebagai referensi mimpi sehingga jangan terlalu heran jika mungkin ada yang pernah bermimpi mirip sampai berulang-ulang kali. Bisa digambarkan, mimpi itu seperti map sebuah game yang digenerate oleh otak. Map ini bisa diakses lagi walaupun mungkin sedikit berubah. Untuk mempermudah akses map ini, maka kita harus mendownload map ini dari otak kita (menulis). Tulis segera setiap mimpi yang barusan dialami sebelum hilang dari ingatan. Koleksi catatan mimpi ini, kemudian dibaca sebelum tidur dengan memaksimalkan imajinasi untuk menggambarkan yang terjadi pada saat mimpi tersebut. Biarkan kenangan saat bermimpi terngiang hingga tidur (hal ini disebut dream recall). Dengan mengetahui bahwa mimpi ini pernah dialami, membuat proses menyadari keadaan mimpi lebih mudah.
Bebas dari masalah tidur, berarti tidak memiliki penyakit, kelainan atau sindrom yang berhubungan dengan tidur. Obat tidur, narkoba, atau zat - zat yang mempengaruhi kerja otak yang berbahaya atau sedikit berbahaya sangat tidak disarankan dan juga tidak membantu sama sekali. Jika ingin bisa lucid dream, mungkin konsultasikan dulu ke dokter yang bersangkutan.

Informasi lebih banyak di :
http://www.stanford.edu/~dement/paralysis.html -- sama pastikan sleeping paralysis aman.

Komentar

  1. tubuh gue bergetar semua serasa ruh mau lepas. Karena saya takut gue maksain narik ruh kembali setelah bangun badan gue merinding semua.....
    Sedikit serem sih...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Material dan Textures di Blender

Berikut ini saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana tentang dasar Material dan texture di blender. Objek yang saya gunakan adalah meja dari tutorial dari blog tetangga yaitu sebuah meja. Tutorial membuat meja dapat dilihat di sini . Sebelum mencoba tutorial ini setidaknya sudah tahu dasar-dasar dalam blender . 1. Buka Blender dan pastikan bukan blender untuk membuat jus buah 2. Load file atau buat objek yang diinginkan untuk diberi material. Screenshot di bawah bisa diklik, dan saya beri sedikit tambahan berupa tembok lantai dan langit-langit. 3.Pertama, pemberian material. Saya ingin memberi warna coklat pada meja. Caranya adalah dengan mengeklik Meja di 3D view maupun outliner. Setelah itu buka tab material di properties editor di sisi kanan layar kerja. Karena objek sudah memiliki material, kita hanya perlu mengeditnya saja. Perlu diketahui objek ini berasal dari objek kubus yang merupakan objek bawaan, material dan textures-nya sudah di set. Kembali ke

Cara membuka blog

Hohuhahelulalueohuhuhihihamananarasaya! Ehm... maaf pembukaannya jelek, saya perbaiki ya. Assalamua'alaikum warahmatullahi wabaraktuh! Ienak-ienak, besok pagi kita kedatangan murid baru! Jadi...  maaf Intermezzo gak penting. Langsung ke inti permasalahan dunia maya yang sang bang mang. Artikel ini akan membahas cara membuka blog. Pentingkah? Penting jika dirasa penting, dan saya juga mempertimbangkan hal yang tak terduga yang saya temukan tentang blog saya. Hal ini disebabkan nama blog saya. di-buka.blogspot.com , blog aneh ini sudah ada sejak tahun 2008, jika dihitung dari post pertamanya. Namun sesungguhnya blog ini sudah ada satu tahun lebih awal, sekitar akhir tahun 2007. Karena kontennya cuma kopas dan digunakan untuk tugas sekolah, post blog tahun 2007 tersebut saya musnahkan! subdomain blog ini pun dulunya bukan di-buka. Saya sendiri juga sudah lupa apa namanya. :p. Sepertinya isi post ini belum membahas sesuai judulnya ya? Geho! Dengarkan dulu k

Bergerak Mengikuti Arah Angin

Yoha! Wilkommen: Pada akhirnya saya harus update blog ini juga. Setelah lama hiatus gak jelas blog ini perlu konten baru. Ah tapi harus diisi apa? hm... sulit juga. Saya pun memutuskan untuk membuat blog baru *lho. yha. Agak disayangkan memang, sudah bagus-bagus punya blog dengant traffic yang lumayan gini malah bikin baru. Isinya kayaknya bakal sama-sama random lagi. Ah tapi ya sudahlah. Saya bertujuan membuka lembaran baru. Kisah baru di sana. Kalau khalayak sekalian menyadari, ada link baru di pages saya. Nah itu blog baru saya. di klik ya nggak gigit kok ;) Terus mau diapakan blog ini? Tenang saja blog ini masih saya update kok. Ya update jarang-jarang seperti biasanya. Walaupun sesama random blog saya ini dengan yang satunya saya usahakan beda. Buat apa kalau isinya sama pakai bikin dua blog segala? Eh tapi buat apa juga ya kalau isinya sama-sama random. Whatever. Mungkin, mungkin ini sih. Blog ini bakal lebih ke masalah yang tidak berhubungan dengan project yang saya biki